Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Pengaruh Globalisasi Dengan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV SDN Karangmalang 2 Ngawi Tahun Pelajaran 2014/2015

Suci Hartati

Sari


Mendasar pada studi pendahuluan bahwa pelaksanaan pembelajaran PKn materi   pengaruh globalisasi  pada siswa kelas IV SDN Karangmalang 2 Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2014/2015,  nilai rata-rata baru tercapai 62,50 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 53,33%.  Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn materi   pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Karangmalang 2 Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2014/2015 setelah diterapkannya model pembelajaran Mind Mapping, 2) untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn materi   pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Karangmalang 2 Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2014/2015, dengan model pembelajaran Mind Mapping. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini  setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Mendasar pada hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilaksanakan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran PKn Materi Penentuan Sikap Terhadap Pengaruh Globalisasi dengan model Mind Mapping dapat: 1) Meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Karangmalang 2 Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dibuktikan dengan pencapaian nilai rata-rata  hasil evaluasi pada siklus I adalah 74,67, Sedangkan ketuntasan belajar mencapai 73,33%. Pada Siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu nilai rata-rata pada siklus II yaitu 84, sedangkan  ketuntasan hasil belajarnya mencapai 93,33% , 2) meningkatkan keaktifan siswa  dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Karangmalang 2 Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dibuktikan bahwa pada siklus I keaktifan siswa baru mencapai 71% sedangkan pada siklus II meningkat secara signifikan menjadi  90%.

Dengan demikian penggunakan model Mind Maping pada mata pelajaran PKn  Materi   Pengaruh Globalisasi pada  siswa kelas IV di SDN Karangmalang 2 Ngawi dapat berhasil dengan baik.

 

Kata Kunci: hasil belajar, PKn, model mind mapping


Kata Kunci


hasil belajar, PKn, model mind mapping

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto Suharsini, 2006. Penelitian Tindakan Kelas, PT Bumi Aksara, Jakarta

BSNP. 2006. Buku Panduan Penyususnan KTSP. Jakarta: BSNP.

Buzan, T. 2009. Buku Pintar Mind Map untuk Anak. Terj. S. Purwoko. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media Group,147.

Winataputra, Udin S. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Yoga, D. 2007. Applied Real-Time Mind Map @ Classroom Petunjukan Praktis untuk Menerapkan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Mind Map. Dipresentasikan di Kalangan Pendidikan 9 Negara di ASIA, 2007


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.