EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP DI KABUPATEN MAGETAN

erny untari, ERNY UNTARI

Sari


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Manakah model pembelajaran yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe STAD atau model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Magetan. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified cluster random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar. Uji coba instrumen tes meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan metode Bartlett. Dengan α = 0,05, diperoleh kesimpulan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Uji keseimbangan menggunakan uji-t diperoleh kesimpulan bahwa kedua kelas eksperimen mempunyai kemampuan awal yang seimbang.

Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh simpulan bahwa  Prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw tidak lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

 

Kata kunci: STAD, Jigsaw, Prestasi Belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Hadis & Nurhayati.2010. Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Agus Supriyono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Anas Sudijono. 1995. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Anita Lie. 2005. Cooperativ Learning Method for Reading Class. Waco Texas : USA.

-------------.2008. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo.

Arends R.I.1997. Classroom Instruction and Management. New York: Mc. Grow Hill Book Co.

Asri Budiningsih. 2004. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta : Rineka Cipta.

Balfakih, Nagib M.A.2003. The Effectivenes of Student Team-Achievement Division (STAD) for Teaching High School Chemistry in thenUnited Arab Emirates. Journal of Science Education, Vol 25 No.5 p605. ISSN-0950-063

Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta : UNS Press.

-------------. 2009. Statistika Dasar Untuk Penelitian. Surakarta : UNS Press.

Depdikbud. 2006. Silabus Matematika SMA. Jakarta : Diknas.

Goos Merrylin. 2004. Learning Mathematics in a Classroom Community of Inquiry, Journal of Reseach for Mathematics Education, Vol 35. No.4,pp. 258-291.

Herman Hudoyo.1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Ira Kurniawati. 2003. Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Presatasi Belajar Matematika ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas II SLTP 15 Surakarta. Tesis Program Pascasarjana UNS, Surakarta.

Isjoni.2010. Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta.

Johnson & Johnson. 1994. Cooperative Learning in The Classroom. Virginia, Association for Supervision and Curriculum Development.

Mar’at. 1981. Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Muhammad Nur. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya:UNESA.

Mulyono Abdurrahman. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.

Paul Suparno. 2004. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta : Kanisisus.

Poerwadarminto WJS. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta.: Balai Pustaka.

Purwoto. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika. Surakarta : Sebelas Maret University Press.

Rachmadi Widdiharto. 2004. Model-model Pembelajaran. Jakarta : Diknas.

Robert E. Slavin. 1995. Cooperatif Learnig. Boston : Allyn and Bacon.

---------------------. 2005. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media.

Sardiman, AS, dkk.1990. Beberapa Aspek Pengembangan Sumber belajar. Jakarta: PT. Medyatama Sarana Perkasa.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Syaiful Sagala. 2003. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Suhamto. 2006. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa MA Se Kabupaten Grobogan. Tesis Program Pascasarjana UNS.

Suharsimi Arikunto. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta:Bina Aksara.

Sumadi Suryabrata. 1987. Pengembangan Tes Hasil Belajar. Jakarta : Rajawali.

Sujana. 2000. Strategi Pembellajaran. Bandung:CV Production.

Triyanto.2002. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Nirmala.

Tuan, Luu Trong. 2010. Infusing Cooperative Learning Into An EFL Classroom. English Language Teaching, Vol 3. No. 2, pp 64-77.

Winkel. W.S. 1996. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta:Gramedia.

Zakaria Effendi and Iksan Zanaton. 2007. Promoting Cooperative Learning in Science and Mathematics Education : A Malaysian perspective, Eurasia Journal of Mathematics, Science & Tecnology Education. Vol. 8 No. 1, 35-39.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.