Faktor –Faktor Penyebab Kurangnya Pemahaman Mahasiswa Tentang Konsep Dasar Linguistics

Theresia Budi Sucihati

Sari


Introduction to linguistic adalah pengenalan awal terhadap pemahaman tentang ilmu linguistic secara umum dimana pengenalan awal meliputi berbagai teori dan konsep dasar serta cabang-cabang linguistic. Atau dengan tujuan untuk memberikan konsep- konsep dasar linguistic sebelum mahasiswa mengambil mata kuliah linguistic selanjutnya seperti phonetic, phonology, morphology, syntax, semantic, pragmatic, sosiolinguistic dan sebagainya, agar mereka tidak asing lagi dengan konsep-konsep penting yang bisa mempermudahkan mereka untuk mengikuti kuliah linguistic khususnya phonology Kenyataannnya banyak mahasiswa mengalami kesulitan dlm mengikuti mata kuliah ini sehingga dalam PBM mahasiswa cenderung pasif dan proses belajar mengajar menjadi kurang atau tidak interaktif. Mahasiswa cenderung tergantung pada penjelasan dosen, karena buku-buku referensi yang ada kebanyakan masih terlalu sulit dibaca oleh mahasiswa. Rendahnya keaktifan mahasiswa dalam belajar ini jika tidak diatasi tentu akan menimbulkan konsekuensi terbentuknya mahasiswa yang pasif, tidak kritis, tidak tanggap terhadap dunia sekitarnya, mudah dipengaruhi oleh lingkungan.
Keyword: linguistics, phonology, peningkatan keaktifan atau partisipasi mahasiswa dalam aktifitas kelas


Referensi


Booji, Grett. 2005. The Grammar of words: An Introduction to Linguistic Morphology. Oxford University Press.

Burns, Anne, 1999, Collaborative Action Research for English Language Teachers.

Cambridge: Cambridge University Press. Cleveland UK : Multingual Matters

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_linguistik_umum/bab3- fonetik.pdf

http://id.wikipedia.org/wiki/linguistik

http://phonologyricky.blogspot.com/

http://rabithahsarisiregar.wordpress.com/2012/11/22/prinsip-prinsip- pengajaranbahasa/

http://smakdiponegoroblitar.blogspot.com/ 2012/12/kesulitan.html

http://susandi.wordpress.com/seputar- bahasa/morfologi-2/

http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/diglosia/article/view/78

http://luv2dentisha.wordpress.com/2010/1 0/30/fisiologi-bicara/

http://www.shvoong.com/social- sciences/education/2008383-peran- linguisticdalam-pengajaran-bahasa/

In G. Crookes & S.M Gass (Eds.) Tasks in a Pedagogical Context.

Malmmkjaer, Kristen.2002. The Linguistic Enyclopedia: 2sd edition London and New York: Routledge.

Nunan, D, 1993. Task-based syllabus design: selecting, grading, and equencing tasks.

Ramlan, M. 2001. Morphology: Suatu Tindakan Deskriptif. (Yogjakarta:

C.V. Haryono).

Sapir, Edward 1921. Language: An introduction to the Study of Speech


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.