Eksperimentasi Model Pembelajaran Sudent Facilitator And Explaining Dan Student Team Achievement Division (Stad) Pada Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta

Indra Puji Astuti

Sari


ABSTRAK.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beda signifikan model
pembelajaran terhadap hasil belajar matematika. Model pembelajaran yang
dibandingkan adalah Student Team Achievement Division (STAD) dan Student
Facilitator and Explaining. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental
semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah Surakarta tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 226 siswa.
Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling.
Setelah pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan dengan   5% diperoleh
kesimpulan bahwa hasil belajar matematika siswa yang dikenai model
pembelajaran Student Facilitator and Explaining tidak berbeda dari hasil belajar
matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Student Team Achievement
Division (STAD)
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Student Team Achievement Division
(STAD), Student Facilitator and Explaining


Teks Lengkap:

PDF Peer-Review

Referensi


Agus Suprijono. 2010. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Asep Jihad dan Abdul Haris. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Majoka, M.I, Dad, M.H, & Mahmood,T . 2010. Student Team Achievement Division (STAD as an Active Learning Strategy: Empirical Evidence From Mathematics Classroom. Journal of Education and Sociology.ISSN:2078-032X, hlm 16-21

Musriah. 2009. Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Student Facilitator and Explaining. Skripsi.UMS (Tidak Dipublikasikan).

.

Slavin, R.E. 2009. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.