Implementasi Student Centered Learning Dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Digital Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Metode “Flipped Classroom”

Francisca Haryanti Chandra, Yulius Widi Nugroho

Sari


Pada era digital saat ini terjadi perubahan yang pada sistem pembelajaran. Ada jurang yang terjadi antara generasi peserta didik dan generasi pengajar. Pembelajaran bergeser dari Teacher Centered Learning (TCL) menjadi Student Centered Learning (SCL). Teknologi Informasi dan Internet mengubah baik cara belajar maupun cara mengajar. Pembelajaran sudah tidak terbatas di dalam ruang kelas namun sudah tidak terbatas. Demikian halnya dengan media pembelajaran sudah bergeser dari media kertas menjadi media digital. Namun demikian ada masalah yang tetap terjadi dalam proses pembelajaran yaitu adanya perbedaan kemampuan akademis, kemampuan menyerap materi dan pengetahuan sebelumnya dari peserta didik didalam satu kelas. Pada umumnya berdasarkan ketiga hal diatas siswa dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok: rendah, sedang dan tinggi. Hal tersebut merupakan tantangan bagi pengajar untuk dapat mengakomodasi ketiga kelompok tersebut. Metode Flipped Classroom mencoba mengatasi masalah tersebut dengan memanfaatkan media pembelajaran digital, yaitu video pembelajaran. Media video mempunyai merupakan media audiovisual yang dapat ditayangkan berulang-ulang. Hal ini akan membantu siswa untuk belajar sesuai dengan irama dan kemampuan belajarnya. Pada tulisan ini dijelaskan mengenai cara melaksanakan metode Flipped Classroom, keuntungan dan tantangan dalam pelaksanaanya.

Kata Kunci : Flipped Classroom, Modul pembelajaran Digital , Video pembelajaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bergman, J. and Sams, A. 2009. Remixing Chemistry Class: Two Colorado teachersmake voscast of their lectures to free up class time for hands on activities. Learning & Leading with Technology, 36(4):22-27, 2009.

Chandra F. H., and Nugroho Y. W., xxxx. Teknologi dan Pedagogy: Video Tutorial Dalam Metode Pembelajaran Flipped Classroom.

Degeng, I.N.S., 2005. Teori Pembelajaran I: Taxonomi Variabel.Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Djajalaksana, Y. and Chandra, F.H., 2013. Flipping Your Classroom with Technology. Konferensi Nasional Sistem Informasi STIMIK BUMIGORA Mataram.

Kirch, Crystal, The Watch, Summarize, Question, Tehcnique

https://www.csusm.edu/.../Watch,%20 summarize,%20question%20t echnique.pdf

Lioe, L.T., Teo, C.W., C.L., and Lee, S. 2013. Assesing the effectiveness of flipped classroom pedagogy in promoting students learning experience. Human Computer Interaction – Nanyang Girls’ High School Education Seminar.

Mayer, R. E. 2001. Multimedia Learning. Cambridge University Press.

Paivio, A. 1986. Mental representations: A dual coding approach: Oxford: Oxford University Press.

Rockland, R.H, Hirsch, L., BurrAlexander, L., Carpinelli, J.D., and Kimmel, H. Si, 2013. Learning outside the Classroom – Flipping an Undergraduate Circuits Analysis Course. 120th ASEE Annual Conference & Exposition, Atlanta.

Rutkowski, J. and Moscinska, K. 2013. Self – Directed and Flip Teaching: Electric Circuit Theory Case Study. 41st SEFI Conference, Leuven Belgium. Smaldino S. E., Russel J. D., Heinich R., and Molenda M. 2005. Instructional Technology and Media for Learning Eight Edition. Pearson Merrill Prentice Hall


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.