Komparasi Prestasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran (Contextual Teaching Learning), Nht (Numbered Heads Together), Dan Tps (Think Pair Share) Di SMK Negeri 1 Geneng

Indra Puji Astuti

Sari


Maksud penelitian ini adalah untuk mengetahui komparasi prestasi belajar siswa
yang dikenai model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning), NHT
(Numbered Heads Together), dan TPS (Think Pair Share). Jenis penelitian ini
adalah eksperimen semu dimana sampel diambil dengan menggunakan teknik
random sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK
Negeri 1 Geneng tahun ajaran 2016/2017 yang diambil sebanyak 98 siswa (XI
TPFL 1, XI TPFL 2, dan XI TPFL 3) sebagai sampel penelitian. Metode yang
digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode tes dan dokumentasi.
Pengujian hipotesis menggunakan uji non parametrik (uji Kruskal-Wallis) yang
kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe’.
Pengujian hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar
siswa yang dikenai model pembelajaran CTL, NHT, dan TPS. Setelah uji lanjut
diperoleh kesimpulan (1) prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran
NHT lebih baik daripada yang dikenai model pembelajaran CTL, (2) prestasi
belajar siswa yang dikenai model pembelajaran NHT lebih baik daripada yang
dikenai model pembelajaran TPS, dan (3) prestasi belajar siswa yang dikenai
model pembelajaran CTL sama baiknya dengan yang dikenai model
pembelajaran TPS.
Kata Kunci: CTL (Contextual Teaching Learning), NHT (Numbered Heads
Together), Prestasi Belajar, dan TPS (Think Pair Share)

Teks Lengkap:

PDF Peer-Review

Referensi


Benny A Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press

Jumanta Hamdayama. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran InovatifProgresif. Jakarta: Kencana.

Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.