Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dan Jigsaw Pada Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Sikap Percaya Diri

Erny Untari

Sari


 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Manakah model pembelajaran yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe NHT atau model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. (2) Manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa yang mempunyai sikap percaya diri tinggi, sedang, atau rendah. (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan sikap percaya diri pada prestasi belajar matematika.

             Penelitian ini akan dilaksanakan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Ngawi, dan subyek penelitiannya siswa kelas VIII Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian adalah : (1) Prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe NHT. (2) Prestasi belajar siswa yang memiliki sikap percaya diri tinggi sama baiknya dengan prestasi siswa yang memiliki sikap percaya diri sedang dan prestasi siswa yang memiliki sikap percaya diri tinggi dan sedang lebih baik daripada prestasi siswa yang memilki sikap percaya diri  rendah (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan sikap percaya diri.

 

Kata kunci:   NHT, Jigsaw, Sikap Percaya Diri, Prestasi Belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Hadis & Nurhayati. 2010. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta

http://edupost.id/internasional/pendidikan-indonesia-berada-di-peringkat-ke-57-dunia-versi-oecd.

https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un.

Agus Suprijono. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yokyakarta: Pustaka Belajar

Anita Lie. 2008. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo

Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Cetakan Ke-2. Surakarta: UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Pers).

Herman Hudoyo. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang

Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta

Majid, abdul. (2014). Startegi Pembelajaran. Cetakan ke-3. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Robert E. Slavin. 2008. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media

Saifuddin Azwar. 2005. Sikap Manusia teori dan Pengukurannya. Yokyakarta : Pustaka Belajar

Slameto. 2003. Belajar dan Fakto-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka

Purwadi. 2009. Pengaruh Metode Kuis Interaktif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Sikap Percaya Diri Siswa SMA Se Kabupaten Karangnyar. Tesis Program Pascasarjana UNS.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.