EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERINTERAKSI

Erny Untari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Efektivitas model pembelajaran
Think Pair Share (TPS) terhadap prestasi belajar mahasiswa. 2) Apakah terdapat
perbedaan prestasi belajar ditinjau dari perbedaan kemampuan berinteraksi
mahasiswa. Penelitian dilaksanakan di STKIP PGRI Ngawi, dan subyek
penelitiannya mahasiswa semester VII STKIP PGRI Ngawi tahun akademik
2017/2018. Pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik analisis variansi dua
jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian (1) Model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) efektif dalam meningkatkan
prestasi belajar mahasiswa, (2) Mahasiswa yang memiliki kemampuan
berinteraksi tinggi memiliki prestasi belajar lebih baik dibandingkan mahasiswa
yang memiliki kemampuan berinteraksi sedang dan rendah, mahasiswa yang
memiliki kemampuan berinteraksi sedang memiliki prestasi belajar sama dengan
mahasiswa yang memiliki kemampuan berinteraksi rendah.

Kata kunci : Think Pair Sahre, Prestasi Belajar, Kemampuan Berinteraksi.




Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Supridjono, Agus. 2011. Cooperative Learning, TeoridanAplikasiPaikem. PustakaPelajar: Yokyakarta.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning Metode, Tehnik,Strukturdan Model Penerapan. PuatakaPelajar: Yokyakarta

Isjoni. 2010. Cooperatif Learning. Alfabeta: Bandung

Sudjana. Nana (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arifin, Z. 2011. EvaluasiPembelajaran. Bandung: PT Remaja Indonesia.

Djamarah, S.B.2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Djamarah, S.B. 2008 Psikologi Belajar Edisi II. Jakarta: Rineka Cipta

Isjoni.(2010). Cooperative Learning. Bandung: CV Alfabeta.

Hasratuddin.(2013). Membangun Karakter melalui Pembelajaran Matematika. .Jurnal Pendidikan MatematikaMedia Prestasi Vol. XVIII No. 2 Des 2018/P-ISSN 1979 - 9225 e-ISSN 2356-2692 36 PARADIKMA.6(2):130-141.

Diakses: http://jurnal.ut.ac.id/index.php/ JP/article/download/171/136/

Ideria Listi. Interaksi Sosial Antara Guru Dan Siswa Dalam Proses Pembelajaran.

Diakses:jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6925

Kurniasih, I. &Sani, B. (2015).Model Pembelajaran.:Kata Pena.

Subanji. 2017. Berpikir Matematis dalam Mengkonstruksi Konsep Matematika: Sebuah Analisis Secara Teoritis Dan Praktis.

Ramadani, M. (2015).Meningkatkan Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 13 Bandung. Jurnal Matematika dan Pembelajaran (MAPAN).1(1): 110-112.

Diakses : http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/mapan/article/download/1129

Setiawati, L &Sudira, P. (2015).FaktorFaktor yang mempengaruhi Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5 (3) : 325-339.

http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/viewFile/6487/5585

Slameto. (2010). Belajar dan FaktorFaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2015).Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Hamzah, Ali.2014.Evaluasi Pembelajaran Matematika. Depok: PT. Raja Gravindo Persada

Sudjana.2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

http://puspendik.kemendikbud.go.id/hasil-un/

http://ichaledutech.blogspot.com/2013/03/pengertian-belajarpengertian.html?m=1.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV PustakaSetia.

Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT BumiAskara.

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:PT RemajaRosd


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.