PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA DI IKIP PGRI BOJONEGORO

Neneng Rika Jazilatul Kholidah

Sari


Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepesi mahasiswa
pada seluruh program studi di IKIP PGRI Bojonegoro Penelitian ini akan
dilaksanakan pada mahasiswa yang sudah mengampu mata kuliah Pendidikan
Pancasila, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deksriptif kualitatif Teknik sampling yang digunakan menggunakan purpose
sampling Populasi dalam penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah
pendidikan pancasila dan mahasiswa dari seluruh program studi. Dari penelitian
ini diperoleh kesimpulan bahwa eksistensi mata kuliah Pendidikan Pancasila
secara substansi nilainya masih ada dan eksistensinya dalam Pendidikan Pancasila
di perguruan tinggi menjadi mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh
mahasiswa semua program studi dan Pendidikan Pancasila tidak hanya cukup
dipelajari di jenjang sekolah dasar namun di pendidikan tinggi pun harus tetap
mempelajarinya.

Kata Kunci: Persepsi, Pendidikan Pancasila,


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


As’Said Ali. 2009. Negara Pancasila :Jalan Kemaslahatan Berbangsa. Jakarta :Pustaka LP3ES Indonesia.

Budi Juliardi. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Sylvestor, Andreas. 2010. Pandangan atau tanggapan akhir peserta mata kuliah Pendidikan Pancasila terhadap Pendidikan di UNPAR. LPPM : UNPAR.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,.2003. Model Acuan Proses Pembelajaran Mata kuliah Pengembangan Kepribadian. Jakarta : Depsiknas.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tingg


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.