PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MENGGUNAKAN MODEL KONSIDERASI TEMA KEGEMARANKU SUB TEMA GEMAR MENYANYI DAN MENARI DI KELAS I SDN BALONGCABE TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Karmonah Karmonah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan Contextual Teaching and Learning melalui model Konsiderasi sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar tematik tentang Tema Kegemaranku sub tema Gemar Menyanyi dan Menari kelas I SDN Balongcabe Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 tepatnya tanggal 17 Oktober 2018 dan 24 Oktober 2018, dengan pelaksanaan dua siklus, yaitu siklus I dan Siklus II. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN Balongcabe tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 14 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan.
Penelitian dilaksanakan dengan siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode Observasi dan metode Tes kinerja siswa. Hasil penelitian menyimpulkan: Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning melalui model Konsiderasi dapat meningkatkan prestasi belajar kompetensi tematik tentang Tema Kegemaranku sub tema Gemar Menyanyi dan Menari kelas I SDN Balongcabe Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Hal ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar anak. Hasil ketuntasan belajar pada siklus I = 71% dan siklus II = 93%.

Kata kunci: Peningkatan, Pembelajaran Tematik, Contextual Teaching and Learning Model Konsiderasi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Diknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Kelas I semester II. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Nasution, Noehi (2004). Evaluasi Pengajaran. Jakarta. Universitas Terbuka.

Nasution, Noehi (2004). Pendidikan tematik di SD. Jakarta. Universitas Terbuka.

Wardhani, IGAK dan Wihardit, K. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winataputra, H.Udin. S. (2003). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.