PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE CARD SORT BAGI SISWA KELAS VI SDN KAYEN 05 SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Suwandi Suwandi

Sari


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA melalui metode Card Sort bagi siswa kelas VI SDN Kayen 05 semester II tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VI SDN Kayen 05 pada bulan Januari sampai Maret 2017.
Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dua siklus, siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II satu kali. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Kayen 05 yang berjumlah 44 siswa dan obyeknya adalah keaktifan dan hasil belajar serta metode pembelajaran Card Sort. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi,dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI SDN Kayen 05 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Card Sort. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui yang memenuhi KKM atau hasil belajar mencapai 43%. Pada siklus I terdapat keaktifan dan hasil belajar sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase keaktifan siswa 60,2% dan yang memenuhi KKM mencapai 59% dan pada siklus II keaktifan dan hasil belajar siswa sangat baik dengan presentase 90,4% yang memenuhi KKM mencapai 97,7%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan penerapan metode Card Sort.

Kata Kunci: Peningkatan, Keaktifan, Hasil Belajar IPA, Metode Card Sort


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan kelas. Bandung: Yrama Widya.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hisyam Zaini, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.

Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.

Moh.Asrori. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rochiati Wiriatmadja. 2009. Strategi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Samsul Nizar. 2001. Pengantar Dasardasar Pemikiran Pendidikan Islam Jakarta: Gaya Media Pratama.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,…..kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2008. Dasardasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina . Aksara.

Slameto. 2003. Belajardan FaktorFaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudjiono. 1999. Pengertian Hasil Belajar. Online.

http://.uprimalino. blogspot. com/2012/.../ 20:45 WIB


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.