DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

erny untari

Sari


Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar siswa dalam menyesaikan soal pecahan dalam berbagai macam operasi hitung. Penelitian dilaksanakan di SDN Pojoksari 1, Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan, dan subyek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas V Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Teknik analiasa yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik interaktif.

Kata Kunci : Diagnosis, Kesulitan Matematika, Pecahan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Makmum Syamsudin Abin. 2007. Psikologi Pendidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Rosdakarya.

Radatz Hendrik. 1979. Error Analysis in Mathematics Education. Journal for Research in Mathematics Education: Vol. 10, No .3 (May, 1979). Pp. 163-172.

Sukardi. 2006. Penelitian Kualitatif-Naturalistik Dalam Pendidikan. Yokyakarta: Usaha Keluarga.

Wood, D. 2007. Kiat Mengatasi Gangguan Belajar. diterjemahkan ole Ivan Taniputera. Jogjakarta: Katahati.

Wiwik Sustiwiriani. 2007. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul: Tesis Uiversitas Sebelas Maret.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.