IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI PEMBERIAN UMPAN BALIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS PEUBAH BANYAK IKIP PGRI BOJONEGORO

ALI NOERUDDIN

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Peningkatan hasil belajar mahasiswa  pada mata kuliah kalkulus peubah banyak dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai umpan balik berbasis CTL, (2) Pemahaman mahasiswa pada mata kuliah kalkulus peubah banyak dan (3) Proses pembelajaran yang interaktif pada mata kuliah kalkulus peubah banyak.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Dilaksanakan dengan 2 siklus, dengan subyek penelitian mahasiswa tingkat IIb semester 4 Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro tahun akademik 2013/2014 yang berjumlah 40 mahasiswa.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai umpan balik berbasis CTL terbukti signifikan 90% (1) meningkatnya hasil belajar mahasiswa dari ketuntasan kelas 70% menjadi 82,5% (siklus I) kemudian ketuntasan kelas 82,5% menjadi 90% (siklus II) dari jumlah 40 mahasiswa (2) peningkatan pemahaman dan aktifitas mahasiswa serta (3) pemunculan ketrampilan kooperatif siswa dalam pembelajaran.

Dari hasil tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai umpan balik berbasis CTL dapat meningkatkan hasil belajar mahasisswa tingkat IIb semester 4 Tahun Ajaran 2013/2014 IKIP PGRI Bojonegoro

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, STAD, Umpan balik, CTL.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Jakarta : Standar Nasioanal Pendidikan.

Dimyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Rineka Cipta.

Erman Suherman. 2003. Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: JICA –Universitas Pendidikan Indonesia.

Isjoni. 2007.Cooperative Leaning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Edisi Pertama. Bandung : ELFABETA.

Mohammad Asikin. 2002. Model-Model Pembelajaran Kooperatif (Text Book). Semarang: Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UNNES.

Muchith. Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Edisi Pertama. Semarang : RaSAIL Media Group.

Mulyasa. (2006). Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pemelajaran KBK, Rosada, Bandung.

Muslimin Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-University Press

Nana Sudjana. 2001. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Prayudi. 2008. Kalkulus Lanjut Fungsi Banyak Variabel&Penerapannya.Edisi Pertama Yogyakarta: Graha Ilmu.

Purcell, E. j. dan Verberg D. Terjemahan Nyoman Susila dkk. 1995 Kalkulus dan Geometri Analitik Jilid 2, Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Silberman,Melvin L. 2004. Active Leaning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Penerbit Nusamedia dan Penerbit Nuansa.

Slavin, R. E. 1994. Educational Psycology: Theory and Practise. Fourth Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Syaiful,dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.