DRAMATURGI MENGAJAR: SEBUAH FORMULASI MODEL PENGUASAAN KELAS

M Syaifuddin, MASRIATUS SHOLIHAH, IMA CHUSNUL CHOTIMAH

Sari


Seorang guru yang baik adalah guru yang mampu menguasai panggung kelasnya. Penyampaian
materinya ditunggu-tunggu oleh siswa, kelasnya merupakan sebuah tontonan yang menarik bagi siswa
sehingga jauh sekali dari kebosanan. Banyak kenyataan di lapangan bahwa seorang guru tampil di hadapan
siswa hanya untuk menyampaikan materi, tanpa mempedulikan atmosfir kelas. Hasilnya, materi
tersampaikan dengan baik akan tetapi tidak terserap dengan baik, tidak ada imput keilmuan, tidak ada
makna dan bahkan refleksi diri yang didapat oleh siswa.
Penelitian ini didesain secara kualitatif dengan menggunakan metode Research & Developmentnya Borg & Gall (1989). Metode tersebut dianggap sesuai untuk merformulasi sebuah pola pengajaran,
menerapkan formula, merefisi formula secara rekursif, dan mendeseminasi pola setelah benar-benar efektif.
Pengumpulan data dilakukan dalam berbagai cara, berbagai setting dan berbagai sumber. Dilihat
dari segi cara, data dapat dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Dari segi setting, data dapat dikumpulkan berdasarkan setting alamiah dan lingkungan. Dari segi sumber,
data dapat dikumpulkan melalui sumber primer dan sumber sekunder. Setelah data terkumpul peneliti
melakukan sebuah formulasi Model Pembelajaran Dramaturgi Mengajar dan mengujinya sesuai dengan
alur Reasearch & Development Borg & Gall. Berdasarkan observasi, maka diformulasi model Dramaturgi
Mengajar yang terdiri dari beberapa alur yaitu; Square Mapping-Attracting-Material Delivering-Square
Mapping-Material Delivering-Closing theough battracting
Kata Kunci: Drama, Dramaturgi, Model Pengajaran, Research and Development (R&D)


Referensi


Bachman, Edmund. 2005. Creative thinking roadmap (terjemahan). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Barba, Eugenio. (1995). The Paper Canoe. 11 New Fetter Lane, London EC4P 4EE

Borg, W.R.& Gall, M.D. (1983). Educational Research: an Inroduction. Fourth edition. New

York: Longman.

Deddy Mulyana, Metode Penelitian Kualitatif...,

George Ritzer et al. , Teori Sosiologi Modern (terj) (Jakarta: Prenada Media, 2004).

Goffman, Erving (1994) The Presentation of Self: Goffman Drmaturgical Model, Indiana

Press.

Harymawan, Dramaturgi (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1988).

Hidayat, Arif. ND. Komunikasi Dalam Pertunjukan Drama. Komunika. Jurnal Dakwah dan

Komunikasi.

Sugiono, (2010). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Alfabeta

Uno, Hamzah, Lamatenggo, Nina, Satria, 2012, Penjadi Peneliti PTK yang Profesional, Bumi

Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.