HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STKIP PGRI NGAWI

Bambang Sumantri

Sari


Konsep diri adalah pandangan, persepsi dan sikap individu terhadap diri sendiri. Konsep diri berkaitan dengan  kepercayaan, perasaan, dan penilaian yang diyakini individu tentang dirinya sendiri dan mempengaruhi proses interaksi sosial dengan lingkungan sekitar.  Konsep diri berhubungan dengan motivasi yang dimilikinya, semakin baik konsep diri yang dimiliki maka semakin tinggi motivasi yang dimiliki untuk mencapai tujuan dengan demikian konsep diri turut mempengaruhi pencapaian prestasi akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan nntara konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa.

 

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif bersifat deskriptif korelasional. Populasi adalah seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Ngawi berjumlah 120 mahasiswa.  Penarikan sampel menggunakan proporsional random samping. Mengacu pada pendapat Suharsimi Arikunto (2006) diambil sebanyak 20 %, sehingga sampel yang diambil sebanyak 25 mahasiswa. Instrument penelitian menggunakan angket terstruktur dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu.Analisis data dilakukan dengan menggunakan Pearson Product Moment, dengan mengambil taraf signifikansi 5 %. Apabila hasil analisis > harga kritik 0,396, naka terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan  prestasi belajar yang dicapai mahasiswa,.dimana r hitung sebesar 0,675 yang lebih besar dari r table 0,396. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konsep diri merupakan salah satu factor yang mempengaruhi pencapaian prestasi belajar mahasiswa. Semakin tinggi tingkat konsep diri r semakin tinggi pula prestasi belajar yang diraihnya.

Berdasar hasil temuan tersebut disarankan khususnya dosen agar senantiasa berperan sebagai motivator dan inspirator dalam pemahaman konsep diri mahasiswa. Bagi mahasiswa agar senantiasa berintrospeksi diri dan memahami diri secara holistik, sehingga mampu merealisasi potnesi dirinya.

Kata kunci: Hubungan, Konsep Diri, Prestasi Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, Jamaludin, Mazila G., Aminuddin H. (2011). The relationship between self concept and response towards student’s academic achievement among students leaders in Universitu Putra Malaysia. International Journal of Instruction. 4(2): 1308-1470.

Arikunto. Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Jakarta: Rineka Cipta

Azwar. S. 2002, Tes Prestasi, Yoyakarta: Pustaka Belajar

Djamarah. SB, 1994, Prestasi Belajar Dan Kompentensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional

Fathi-Ashtiani, A., J. Ejei, M.K. Khodapanahi, H. Tarkhorani. (2007). Relationship between self-concept, self-esteem, anxiety, depression and academic achievement in adolescents. Journal of Applied Sciences. 7: 995-1000.

Hurlock, E.B, 1978, Psikologi Perkembangan 2, Jakarta: Erlangga

Hurlock, E.B. 1999, Psikologi Perkembangan, pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Alih Bahasa, Istiwi Dayanti dan Soedjarwo), Jakarta: Erlangga.

Panjaitan, Elizabeth. (2001). Membangkitkan harga diri anak. Jakarta: Mitra Utama.

Mahbibah, Shofiatul, 2000, Perbedaan prestasi belajar mahasiswa psikologi ditinjau dari motif memilih jurusan psikologi STAIN Malang, Skripsi

Muryono, 2000, pengaruh persepsi siswa tentang tugas guru terhadap prestasi belajar bidang Studi matematika, Anima, Indonesia psychological Jurnal, 15 (3): 246 254

Pudjijogjanti, C, 1993, Konsep Diri Dalam Pendidikan, Jakarta: Arcan.

Rola, F. 2006. Hubungan Konsep Diri dengan Motif Berprestasi pada Remaja

(http://www.Digitizedlibrary.USU.ac.id./Psikologi/html).

Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta:Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin, 1999, Psikologi Belajar, Jakarta: Penerbit Logos Wacana Ilmu

Tarwoto dan Wartonah. (2003). Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.