DESAIN PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN BILANGAN 1-29 BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI SD NEGERI 117 PALEMBANG

Dewi Hamidah

Sari


Observasi ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah desain pembelajaran penjumlahan bilangan 1-20 berdasarkan pendekatan PMRI di Sekolah Dasar. Subjek pada observasi ini adalah siswa kelas 1A SD Negeri 117 Palembang yang dilaksanakan pada bulan September 2011. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian desain riset dengan pendekaan PMRI. Pada pembelajarannya, siswa belajar menjumlahkan bilangan 1-20 diawali dengan permasalahan kontekstual yaitu dengan menghitung banyaknya alat tulis (pensil, buku, dan sebagainya) yang dimiliki. Siswa bekerja dalam kelompok sehingga terjadi diskusi dan kolaborasi antar anggota kelompok. Kemudian siswa melanjutkannya dengan menghitung jumlah benda yang lebih banyak, disini guru menggunakan sedotan sebagai manipulative (alat peraga). Setelah itu, siswa diminta menuliskan bilangan banyaknya benda (sedotan) yang mereka hitung serta guru memperkenalkan simbol penjumlahan (+) dengan menyilangkan jari-jari telunjuk dan simbol sama dengan (=) mensejajarakn jari-jari telunjuknya. Dari pembelajaran yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat tulis dan sedotan sebagai alat peraga dalam materi penjumlahan bilangan 1-20 sangat membantu siswa untuk memahami konsep penjumlahan. Siswa juga terlihat antusias dan memberikan respek yang baik selama pembelajaran berlangsung. Akhirnya siswa telah mampu menjumlahkan bilangan 1-20 bahkan sampai pada permasalahan yang formal.

 

Kata Kunci :

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Karya.

Hadi, S. (2005). Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran : Pelengkap Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon Guru Profesional. Jakarta : IPA

Abong. Wijaya, A. (2008). Design Research in Mathematics Education: Indonesian Traditional Games as Means to Support Second Graders’ Learning of Linear Mesurement. Master Thesis of Utrecht University. The Netherlands: Utrecht University.

Zulkardi. (2002). Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Doctoral Dissertation.Enschede: University of Twente.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.