HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA SEMETER AKHIR JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN BAHASA INGGRIS STKIP PGRI NGAWI

Pramana Atmadja

Sari


Abstrak : Kajian pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan kontrol diri dengan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada mahasiswa semester akhir Jurusan Pendidikan Matematika dan Bahasa Inggris STKIP PGRI Ngawi. Penelitian ini juga untuk mengetahui peranan bimbingan konseling Islam dalam upaya mewujudkan individu untuk memiliki kontrol diri yang baik. Dua dimensi utama dalam penelitian ini adalah kontrol diri dengan kecemasan menghadapi dunia kerja. Kontrol diri difokuskan pada empat aspek yaitu menguatkan diri secara positif, menghukum diri, memanipulasi kondisi emosi, memonitor diri. Sedangkan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja terdiri dari empat aspek yaitu sulit konsentrasi, tidak percaya pada kemampuan diri, sering memikirkan bahaya, gelisah dan khawatir.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada mahasiswa semester akhir Jurusan Pendidikan Matematika dan Bahasa Inggris STKIP PGRI Ngawi. Sementara itu dalam kerangka deskripsinya terdapat peran Bimbingan Konseling Islam dalam upaya mengembangkan kontrol diri mahasiswa.
Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI sampai VIII, peneliti mengambil 57 sebagai sampel dari 229 mahasiswa. Subyek dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Data diperoleh dari angket yang disebarkan pada responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis korelasi produck moment.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja. Artinya bahwa semakin tinggi kontrol diri mahasiswa maka semakin rendah tingkat kecemasannya dalam menghadapi dunia kerja, begitu juga sebaliknya semakin rendah kontrol diri mahasiswa maka semakin tinggi tingkat kecemasannya dalam menghadapi dunia kerja. Adapun angka korelasinya menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,410. (2) terdapat peran penting fungsi Bimbingan Konseling Islam dalam menumbuhkan kontrol diri yang efektif bagi mahasiswa semester akhir Jurusan Pendidikan Matematika dan Bahasa Inggris STKIP PGRI Ngawi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.Supratikya. 1995. Mengenal Perilaku Abnormal. Yogyakarta: Kanisius.

Agoes Dariyo. 2003. Dasar-Dasar Pedagogi Modern. Jakarta: Indeks

Averill, J.R. 1973. Personal Control Over Aversive Stimuli and It’s Relationship to Stress. Psychological Bulletin, No. 80. p. 286-303.

Aziz, Ramat. 2005. Jurnal Psikologi Islam, Volume 1, Desember 2005.

Baines, Egan & Jeffers. 2004. Public Relations: Elsevier.

Campbell Robert. 1994. Misteri Pikiran. Jakarta: Tira Pustaka.

Daradjat Zakiyah. 2001. Peran Agama Dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung Jaya.

De Clerq, Linda. 1994. Tingkah Laku Abnormal Dari Sudut Pandang Perkembangan, Jakarta: PT. Grasindo IKAPI.

Dennis Greenberger, Christine A. Padesky. 2004. Mind Over Mood: Change How You Feel By Changing the Way You Think (Paperback). Guilford Press

Gustinawati., 1990. Peranan Kontrol Pribadi Dalam Kesesakan Pada Penghuni Perumahan Dengan Kepadatan Tinggi di Kota Bandung. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Kartono, Kartini. 1986. Patologi Sosial 3, Gangguan-Gangguan Kejiwaan, Jakarta: Rajawali.

Nawangsari, Fardana, Nur Aini. 2001. Pengaruh Self Efficacy dan Expectacy- Value Terhadap Kecemasan Menghadapi Pelajaran Matematika, INSAN Media Psikologi. Vol.3.

Sururin. 2008. Perempuan dan tarekat di kota metropolitan : studi tentang pengalaman beragama perempuan anggota Tarekat Dadiriyah wa Nanaqsyabandiyah di Jakarta Selatan. Jakarta: UIN Jakarta Press


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.