EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN NHT PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA

Erny Untari

Sari


ABSTRAK

             Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Manakah model pembelajaran yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe STAD atau model pembelajaran kooperatif tipe NHT. (2) Manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa yang mempunyaisikapterhadap matematika tinggi, sedang, atau rendah. (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan sikap siswa terhadap matematika pada prestasi belajar matematika.

             Penelitian ini akan dilaksanakan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Ngawi, dan subyek penelitiannya siswa kelas VIII Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian adalah : (1) Prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) Prestasi belajar siswa yang memiliki sikap terhadap matematika tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki sikap terhadap matematika sedang maupun rendah, dan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki sikap terhadap matematika sedang lebih baik daripada siswa yang memiliki sikap terhadap matematika rendah. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan sikap siswa terhadap matematika.

 

Kata kunci:   STAD, NHT, Sikap, Prestasi Belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Hadis & Nurhayati. 2010. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Anita Lie. 2008. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo

Balfakih, Nagib M.A: 2003: “The Effectiveness of Student Team-Achievement Division (STAD) for Teaching High School Chemistry in the United Arab Emirates”.

Herman Hudoyo. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang

Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta

Robert E. Slavin. 2008. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media

Saifuddin Azwar. 2005. Sikap Manusia teori dan Pengukurannya. Yokyakarta : Pustaka Belajar

Slameto. 2003. Belajar dan Fakto-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka


Refbacks

  • »
  • »


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.