KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR PRAKTIK KERJA INDUSTRI DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK PGRI 4 NGAWI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Muhammad Cholil

Sari


ABSTRAK

Pendidikan system ganda adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara sistematis dan sinkron program pendidikan di sekolah dan penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan belajar langsung didunia kerja terarah untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. Dalam rangka merealisasikan pendidikan system ganda tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui praktik kerja industry yaitu suatu kegiatan pendidikan dan latihan kerja dengan mengembangkan kemampuan. Keahlian dan profesi di tempat kerja sesuai dengan bidang studi atau jurusan masing-masing. Kemampuan keahlian professional, sangat penting karena tuntutan kebutuhan akan tenaga kerja terampil dan produktif. Maka program pendidikan dan latihan kerja perlu terus diringkatkan. Wawasan pengetahuan dan pengalaman lapangan diharapkan mampu membuka pikiran dan minat para siswa SMK untuk menekuni bidang wirausaha.

Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRJ 4 Ngawi dengan tujuan untuk mengungkap korelasi antara prestasi praktik kerja industry dengan minat berwirausaha dikalangan para siswa SMK. Sebagai jawaban sementara dari permasalahan diatas, maka dikemukakan hipotesis sebagai berikut : “Ada korelasi positif yang signifikan antara prestasi praktik kerja industry dengan minat berwirausaha”. Untuk menguji hipotesis ini  dikumpulkan data dari 80 siswa yang telah ditetapkan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa angket. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan anailisis statistic dengan teknik korelasi product moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat berwirausaha dikalangan para siswa tergolong tinggi. Dari sampel 80 orang ternyata 48 orang (60%) menyatakan minat yang tinggi, sedangkan yang menyatakan cukup tinggi sebanyak 32 orang (40%) dan yang menyatakan minat rendah tidak ada. Prestasi praktik kerja industry para siswa SMK PGRI 4 Ngawi termasuk kategori lulus dengan baik dengan rata-rata 8,075. Dari analisis data menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara prestasi praktik kerja industry dengan minat berwirausaha. Dengan demikian berarti bahwa hipotesis kerja yang telah ditetapkan diterima. Hal demikian menunjukkan bahwa prestasi praktik kerja industry merupakan faktor yang menentukan terhadap minat berwirausaha.

 

Kata Kunci :  Praktik Kerja Industri dan Minat Berwirausaha

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

As'Ad, Mochamad. 2005. Psikologi Industri. Yogyakarta: Andi Offset. Buchari, Alma. 2004. Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta.

Hadi, Sutrisno. 2004. Statistik 2. Yogyakarta : Andi Offset

Indro, Winadi. 2004. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Lapangan Terhadap Minat Berwiraswasta. UNNES ( Laporan Penelitian ). Semarang : Unnes.

Indryati dkk. 2003. Psikologi Industri. Bandung : Tarsito

Purwadarminta. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Rachman, Maman. 2006. Konsep Dan Analisis Statistik. Semarang : IKIP Semarang Press.

Santoso. 2003. Lingkungan Tempat Tinggal Menentukan Minat Berwirausaha. FKIP. UNS (Laporan Penelitian). Surakarta : UNS.

Soemanto, Wasti 2002. Sekuncup Ide Operasional Pendidikan Wiraswasta. Jakarta: Gunungjati.

Tedjasutisna, Ating. 2004. Memahami Kewirausahaan. Bandung : Armico. Waloo, Bimo. 2003. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset.

Winkel, W.S. 2001. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.