CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL PERAWAN REMAJA DALAM CENGKERAMAN MILITER KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER

Setiyono tiono

Sari


Abstrak : Novel bisa diartikan sebagai pencatat sejarah pada zamannya. Permasalahan yang terdapat dalam karya sastra biasanya menyuratkan atau menggambarkan masalah sosial dan peranan perempuan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, sehingga sastra tidak bisa dipisahkan dari masyarakat. Novel Perawan Remaja dalam Cengkeraman Militer (PRDCM) karya Pramoedya Ananta Toer membahas citra perempuan dan kekerasan baik fisik maupun psikis yang dialami perempuan. Novel ini mengangkat kehidupan nyata perempuan pada masa kedudukan Jepang. Berdasarkan hal tersebut, penelitian dengan judul Citra Perempuan dalam Novel Perawan Remaja dalam Cengkeraman Militer karya Pramoedya Ananta Toer layak dikaji.
Masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana citra perempuan pada masa penjajahan Jepang dalam novel PRDCM  karya Pram? Dan 2)  Bagaimana kekerasaan terhadap perempuan pada masa penjajahan Jepang dalam novel PRDCM  karya Pram? Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Mendeskripsikan citra perempuan pada masa penjajahan Jepang dalam novel PRDCM  karya Pram., 2) Mendeskripsikan bentuk kekerasan terhadap perempuan pada masa penjajahan Jepang dalam novel PRDCM  karya Pram. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Citra perempuan yang terdapat dalam novel PRDCM, yaitu perempuan identik dengan cantik, lemah, sabar, sensitif, setia, dan lemah lembut. 2) Kekerasan yang menimpa para perempuan dalam novel PRDCM meliputi kekerasan psikologi dan kekerasan fisik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ananta Toer, Pramoedya. 2001. Perawan Remaja Dalam Cerngkeraman Militer. Jakarta: Gramedia.

Wellek, Rene dan Austin Waren..1956. Teori Kesusastraan. Terjemahan oleh Melani Budianta 1990. Jakarta: Gramedia.

Damono, Supardi Djoko. 1979. Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Muslikhati, Siti. 2004. Feminisme dan Pemberdayaan Perempuan dalam Timbangan Islam. Jakarta : Gema Insan.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1997. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugihastuti, Saptiawan. 2007. Teori dan Apresiasi Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Purwandari, Kristi E., 2002, “Kekerasan Terhadap Perempuan: Tinjauan Psikologis Feminis”, dalam Pemahaman Bentuk-Bentuk Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Alternatif Pemecahannya, Editor Archie Sudiarti Luhulima, Jakarta : Universitas Indonesia.

Fakih, Mansoer. 2007. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.