EFEKTIVITAS METODE KUIS INTERAKTIF DAN EXPLICIT INTRUCTION PADA PRESTASI BELAJAR MAHASISWA STKIP PGRI

Erny Untari

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Manakah metode pembelajaran yang memberikan prestasi belajar lebih baik, metode kuis interaktif atau explicit instruction. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester VII Prodi Matematika STKIP PGRI Ngawi Tahun Akademik 2014-2015. Sampel penelitian adalah seluruh mahasiswa semester VII Prodi Matematika STKIP PGRI Ngawi Tahun Akademik 2014-2015. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar. Uji prasyarat meliputi uji normalitas menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan α = 0,05, diperoleh kesimpulan bahwa sampel berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Uji keseimbangan menggunakan uji-t diperoleh kesimpulan bahwa kedua kelas mempunyai kemampuan awal yang seimbang.

       Pengujian hipotesis meggunakan uji-t, diperoleh simpulan bahwa prestasi belajar mahasiswa yang dikenai metode kuis interaktif lebih baik dibandingkan model explicit instruction.

 

Kata-kata kunci: Eexplicit instruction, kuis interaktif, prestasi belajar 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Baharuddin dan Nur W, Esa. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz-Media.

Budiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press

Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press)

Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Purwadi. 2009. Pengaruh Metode Kuis Interaktif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Sikap Percaya Diri. Tesis Program Pasca Sarjana UNS

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana


Refbacks

  • »


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.