Hubungan Kesadaran Sejarah Dengan Prestasi Belajar Sejarah Mahasiswa Program Studi PPKn STKIP PGRI Ngawi Tahun Akademik 2013/2014

YOHANNES WIDHIASTANTO

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Kesadaran sejarah dengan  Prestasi belajar sejarah mahasiswa Program Studi PPKn di STKIP PGRI Ngawi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional, sebab penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kesadaran Sejarah dengan prestasi Belajar sejarah Mahasiswa Program Studi PPKn di STKIP PGRI Ngawi. Sumber data prestasi belajar sejarah diperoleh dari nilai akhir mata kuliah Sejarah Indonesia Modern mahasiswa semester VI Program Studi PPKn di STKIP PGRI Ngawi. Pengumpulan data kesadaran sejarah menggunakan instrumen angket atau kuesioner. 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan  Terdapat hubungan antara Kesadaran Sejarah dan Prestasi Belajar sejarah, korelasi antara Kesadaran Sejarah dan Prestasi Belajar adalah 0,802 di mana signifikasi 0.000

Kata Kunci : Kesadaran Sejarah, Prestasi Belajar Sejarah


Referensi


Ahmad Munib. dkk. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Ahmad Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Arief S. Sadiman. 2005. Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Budiyono. 2004. Statistka untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Burhanuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Catharina Tri Anni. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah Uno B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kerlinger, F.N. 2003. Asas-asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Martin Handoko. 1992. Motivasi daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kanisius.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Saifuddin Azwar. 2001. Reliabilitas dan Validitas. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Slameto. 1989. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • »
  • »


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.